Tips Merawat Sepeda Drag Sehingga Bisa Senantiasa Tahan Lama

Alat transportasi tentunya menjadi alat yang amat dibutuhkan di dunia yang serba cepat seperti saat ini. Dengan alat transportasi, maka semua orang akan bisa mencapai tujuannya dengan lebih cepat dan efektif. Sepeda menjadi salah satu alat transportasi yang dulu begitu populer. Meski demikian, kini sepeda lebih cenderung dipakai untuk aktivitas yang berhubungan dengan olahraga dan hobi. Salah satu jenis sepeda yang banyak dihubungkan dengan aktivitas hobi yakni sepeda drag.

Drag sepeda memang menjadi aktivitas yang banyak disukai oleh anak muda di era seperti saat ini. Drag sepeda biasanya hanya mempertontonkan sepeda biasa yang sudah didesain dan dimodifikasi sendiri. Namun drag sepeda juga banyak dihubungkan dengan balapan jalanan yang banyak dilakukan kaum muda dengan sepeda yang sudah mereka ubah sendiri. Tak heran jika banyak sekali yang mencari sepeda jenis drag ini.

Bagi para penggemar drag sepeda, ada baiknya jika tak hanya tahu dengan cara memodifikasi dan mengubah sepeda saja melainkan juga harus tahu cara perawatan sepedanya. Untuk itu, bagi Anda pemilik sepeda drag, maka berikut ini beberapa tips untuk perawatan sepeda yang tepat:

1. Cuci sepeda rutin
Sepertinya tanpa harus diberitahu pun sebetulnya mencuci sepeda sudah menjadi kewajiban pemilik sepeda yang tak boleh untuk diabaikan. Sepeda yang dicuci rutin akan memberikan kesan bersih dan terawatt. Pencucian pun bukan hanya pada bagian batang sepeda saja melainkan juga semua aksesorisnya. Ada baiknya jika semua aksesoris yang ada dilepas dulu sehingga pencuciannya bisa ke bagian terkecil sepedanya juga.

2. Bersihkan rantai
Untuk drag sepeda, tentunya juga membutuhkan rantai yang kuat dan juga terawat. Oleh karena itu jangan lewatkan untuk selalu membersihkan rantai sepeda sehingga semua kotoran yang kerapkali menempel dan terjebak di rantai bisa dibersihkan. Dengan demikian maka rantai pun tak akan mudah berkerak dan kaku.

3. Cek roda sepeda
Jika semua bagian sepeda Anda sudah bersih, maka lanjutkan dengan lakukan pengecekan. Untuk pengecekan terpenting adalah di bagian rodanya dulu. Untuk sepeda jenis drag tentu sudah diberikan roda dengan jenis yang berbeda dan sesuai kebutuhan Anda. Namun ada baiknya jika pemasangan roda belakangnya harus dilakukan dengan baik misalnya dengan memasukkan gir belakangnya antara mata rantai lalu baru tekan bawahnya sehingga bisa masuk ke roda belakangnya.

4. Kontrol pengereman
Selain mengecek roda sepeda, pengereman merupakan sistem yang juga memiliki fungsi vital. Oleh karena itu ada baiknya selalu berikan waktu untuk melakukan pengecekan di pengereman Anda. Jika memang menemukan bahwa rem sudah aus, maka bisa langsung ganti untuk kampas remnya dan cek juga di bagian minyak rem serta pada setelan kabelnya.

5. Berikan minyak pelumas
Inilah yang paling sering dilewatkan oleh para pengguna sepeda yakni dengan memberikan minyak pelumas pada sepeda kesayangannya, padahal hal ini amat sangat penting. Berikan minyak pelumas di bagian rantai sepeda, pada sistem penggerak di rodanya hingga semua bagian di sepeda yang bisa bergerak sehingga mampu perpanjang umurnya.

Jika Anda penyuka modifikasi sepeda drag, maka cek juga situs belanja online dimana di sana tersedia banyak sekali aksesoris dan perlengkapan modifikasi yang pastinya akan Anda butuhkan. Perawatan untuk sepeda itu bukan hanya untuk sepeda jenis drag saja melainkan semua jenis sepeda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *