Begini Tips Aman Mendaki Gunung untuk Para Pemula

Belakangan ini aktifitas mendaki gunung semakin ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Tidak hanya dari kalangan pecinta alam saja, banyak anak muda yang tertarik untuk melakukan pendakian yang umumnya didominasi oleh para pelajar dan mahasiswa. Selain karena penasaran dengan tracking atau medan yang akan dilalui, kebanyakan orang juga dapat merasakan sensasi eksotis alam yang tidak bisa mereka temukan dimanapun kecuali saat berada di atas gunung. Untuk Anda yang belum pernah atau sedang merencanakan untuk mendaki salah satu gunung yang ada di wilayah Anda, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pendakian.

Meskipun kegiatan mendaki ini termasuk jenis refreshing atau piknik, akan tetapi Anda tidak boleh melakukannya jika tidak memiliki mental yang kuat dan beberapa peralatan yang memadai. Banyak pendaki gunung yang akhirnya tidak sampai pada tujuan utama yang yaitu ke atas puncak. Hal ini dikarenakan aktifitas pendakian akan menguras tenaga dan menguji kekuatan serta kemandirian Anda. Lalu hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh para pemula, simak ulasan berikut:

1. Melakukan latihan otot kaki.
Kegiatan melatih otot kaki bisa Anda lakukan dengan lari atau jogging baik di pagi maupun sore hari, yang penting Anda harus melakukan kegiatan lari ini dengan rutin seminggu sebelum melakukan pendakian supaya hasilnya tidak sia-sia. Hal ini supaya Anda nantinya tidak kaget dan mampu melalui trek sesulit apapun karena medan pendakian memang terbilang tidak ada yang mudah.

2. Menjaga stamina dan kesehatan.
Kesehatan merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan saat akan melakukan pendakian. Bayangkan saja, apabila Anda melakukan proses pendakian gunung pada saat keadaan badan sedang tidak fit, selain akan merepotkan orang lain, maka dipastikan Anda juga tidak akan sampai pada tujuan utama para pendaki yaitu puncak gunung. Salah satu tips untuk menghindari hal ini adalah dengan istirahat yang cukup seminggu sebelum melakukan pendakian, jangan begadang dan jika perlu konsumsi vitamin supaya badan tetap fit.

3. Barang konsumsi yang harus dibawa.
Konsumsi juga merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda persiapkan saat akan mendaki gunung. Bawalah minuman yang cukup, beberapa makanan berat, dan suplemen makanan yang dapat menambah dan mengembalikan tenaga saat mendaki. Contohnya seperti air putih, minuman isotonic, mie instan, kopi, dan roti.

4. Perlengkapan pendakian.
Setelah semua perlengkapan fisik sudah Anda lakukan juga perlengkapan mendaki gunung, Anda juga perlu menyiapkan perlengkapan untuk aktifitas pendakian itu sendiri. Perlengkapannya adalah:

• Jaket untuk melindungi tubuh Anda dari suhu dingin ataupun panas.
• Sepatu khusus naik gunung dan kaos kaki agar proses pendakian naik ke atas jadi lebih mudah.
• Tas kecil dan tas besar untuk membawa perlengkapan Anda.
• Tenda, sleeping bag dan matras untuk membuat tempat istirahat yang nyaman.
• Mantol untuk mengantisipasi jika turun hujan.
• Dan tutup kepala untuk melindungi kepala Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan mengikuti tips mendaki gunung untuk para pemula di atas, maka Anda tidak perlu khawatir ketika akan melakukan pendakian. Sebagai tambahan, jangan lupa membawa tongkat atau menggunakan ranting seadanya untuk meringankan beban tubuh Anda saat mendaki ke atas gunung. Selain itu, Anda juga bisa membawa peralatan masak sederhana jika memang diperlukan, jangan pernah membuang sampah sembarangan saat di atas gunung, jagalah kebersihan dan kelestarian Alam dengan membawa turun kembali sampah Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *