5 Fakta tentang Tukang Bangunan yang Harus Kamu Tahu!

Pekerjaan sebagai tukang bangunan seringkali dianggap remeh bagi kebanyakan orang. Padahal, sebenarnya pekerjaan ini sangat banyak kontribusinya dalam pembangunan. Mereka ada di setiap proyek pembangunan yang ada di sekitar kamu sehingga berbagai infrastruktur bisa kamu manfaatkan. Lalu, apa saja fakta mengenai pekerjaan ini yang perlu kamu tahu?

1. Tak Perlu Pendidikan Tinggi, Mereka Bisa Memiliki Pengetahuan yang Baik
Menjadi seorang tukang tak memerlukan pendidikan formal yang tinggi. Bahkan, kebanyakan dari tukang ini tidak pernah menempuh pendidikan formal sekalipun. Namun, meski begitu mereka sangat mahir dalam melakukan pekerjaannya. Ini sebenarnya terjadi karena kemampuan dan pengalaman mereka bertahun-tahun di bidang yang ia geluti.

2. Sudah Menggunakan Teknologi Modern
Yup! Tukang yang bekerja untuk membangun suatu tempat kini sudah menggunakan teknologi modern untuk mencari teknik pengerjaan bangunan yang terbaru dan terbaik. Dengan begitu, pekerjaan mereka makin bagus dan bisa memuaskan para pelanggannya. Jadi, jangan kamu kira mereka ketinggalan zaman, ya!

3. Peralatan yang Sederhana Tak Membatasi Kreativitas
Perlu kamu tahu, nih! Sosok tukang ini merupakan orang yang kreatif. Dengan peralatan yang tak canggih dan terkesan seadanya, mereka bisa membangun apapun. Mereka isa mengganti fungsi peralatan satu dengan alat lain yang lebih sederhana namun hasil kerjanya tetap memuaskan. Kreativitas ini belum tentu dimiliki profesi lain, lho!

4. Turut Berperan dalam Ekonomi
Nah, ternyata pekerjaan ini juga punya kontribusi yang tinggi bagi negara. Yup! Mereka berkontribusi melalui bidang ekonomi lewat perputaran uang yang mereka kirim ke keluarga. Seperti yang kamu tahu, kebanyakan tukang yang bekerja di kota besar berasal dari desa. Hasil kerja keras yang mereka kirimkan inilah yang ikut berperan dalam ekonomi negara.

5. Dilindungi oleh Undang-Undang
Siapa bilang pekerjaan menjadi tukang ini pekerjaan sembarangan? Buktinya, sampai saat ini pekerjaan tukang ini sudah dilindungi oleh Undang-Undang. Pemerintah mengatur dan melindungi tukang sebagai bagian dari jasa kontruksi sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan mereka dan untuk meningkatkan daya saing dengan tukang dari negara lain.

Undang-Undang tersebut adalah UU NO. 2 tahun 2017. Ini adalah bukti bahwa pemerintah Indonesia sangat peduli dengan nasib para tukang. Undang-undang ini juga mengatur soal perlindungan terhadap tukang bilamana terjadi kecelakaan kerja di tempatnya mencari nafkah. Jadi, semuanya lebih ter-cover dan nasib pekerja di bidang ini juga jadi lebih jelas.

Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa fakta mengenai tukang bangunan, kan? Jadi, jangan pernah remehkan pekerjaan ini lagi. Apa? Kamu membutuhkan jasa tukang untuk membangun rumah? Tenang, kamu bisa mengunjungi Sejasa.com dan mencari tukang untuk pengerjaan pembangunan rumah yang kamu butuhkan dengan mudah. Tunggu apalagi?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *